Info

 

Untuk karya selanjutnya adalah CTD ( CBT Token Distribution), Software ini berfungsi untuk pendistribusian Token dari CBT (Computer Base Tes) Untuk Ujian Nasional berbasis Komputer. Bisa berfungsi untuk CBT dari SMP, SMA, MA, SMK. Software ini berukuran kecil di buat menggunakan Visual Basic 6 dimana di dalam software ini sudah ditanamkan code javascript dan HtTML, dan hasil file dari software ini berformat HTML sehingga bisa di gunakan lintas platform sistem Operasi dan uniknya tidak perlu menginstal webserver seperti XAMPP, LAMP atau IIS langsung di buka file hasil dari software tersebut. Software ini dibuat berdasarkan Informasi yang saya peroleh dimana untuk pendistribusian Token masih dengan ucapan sehingga kemungkinan orang salah mendengar ucapan cukup besar, ditambah lagi tiap ruang CBT letaknya jauh sehingga panitia CBT sekolah bisa kelelahan wora-wiri untuk menyebar token saja. dengan software ini cukup proktor duduk manis di depan komputer, entri token dengan software yang saya buat, secara otomatis tiap ruangan akan berubah tokennya. Nyaman-Mudah-Cepat.

ctd

Toko Youtube TikTok  DONASI

Tampilan Software CTD

tampilan CTD

 Tampilan CTD Broswer

Tampilan hasil File CTD,ini yang dibuka di tiap ruang ujian menggunakan jaringan

Jika token habis masa berlakunya akan menampilkan tulisan "Token habis masa berlaku" secara otomatis

dengan syarat software CTD.exe tidak ditutup selama Ujian CBT

 

 Topologi CBT yang diterapkan di beberapa sekolah
 topologi CBT new

Topologi A

Kelebihan Topologi A :

  1. Server terpusat akan mempermudah teknisi dan proktor memanage server
  2. Proktor yang dibutuhkan tidak terlalu banyak untuk 2 ruang cukup 1 proktor, jadi 1 proktor menangani 2 ruang
  3. Kabel jaringan lebih hemat, setiap server butuh 2 kabel, satu kabel untuk jaringan local, 1 kabel untuk jaringan Internet
  4. Topologi ini cocok untuk sekolah yang tenaga teknisinya terbatas, biasanya sekolah hanya memiliki 1 teknisi yang betul-betul paham komputer.
  5. Jika proktor dan teknisi mengalami trobel teknis dan tidak bisa terselesaikan maka tidak membuat panik siswa karena ruangan tes dan server di sendirikan, mau nangis berdarah-darah pun gak akan keliatan :-)
  6. Ruang server disendirikan dengan ruangan yang disesuaikan maka pemberian AC lebih efektif dan ruangan cepat dingin, perlu diketahui server akan mengeluarkan hawa panas, jika ruangan terlalu panas maka server bisa crash karena overheating.
  7. Ini yang paling penting dan pokok, karena proktor jam terbang tinggi 3 shift dari pagi sampai sore mentelengi komputer terus dengan ruangan server pisah maka proktor bisa makan dan minum sepuasnya, duduk nyantai kayak dipantai kerja kan gak boleh ngoyo :-). Apalagi proktor gak boleh sakit selama 1 minggu full. Maka Opsi topologi A menjadi opsi yang terbaik menurut saya.
  8. Software CTD di instal di salah satu komputer cadangan/ server atau laptop. software CTD tidak membutuhkan resouce yang banyak dan tidak membuat trafik jaringan padat, software ini akan menggunakan jalur jaringan tiap update token dan tiap token habis masa berlakunya.

Kelemahan Topologi A :

  1. Proktor tidak bisa melihat langsung Ekspresi siswa, kalau mau lihat ekpresi siswa harus pasang kamera CCTV. Menurut saya ini tidak terlalu urgent :-)
  2. Perlu tambahan alat komunikasi bisa HT atau Wlkie Talkie,(beli HT cina Murah meriah :-)  untuk komunikasi jika ada permintan token atau hal teknis lainnya. Distribusi tokennya gak ush di call lewat alat komunikasi/datang tiap ruang atau nulis tiap ruang cukup pakai software CTD yang saya buat :-), promosi kayak jual jamu ha..ha..ha...
  3. Penambahan AC diruang server
  4. Failure jaringan lokal lebih tinggi, karena kabel lokal ditarik panjang (jika ruangan jauh, kalau tidak terlalu jauh tidak begitu masalah)

Topologi B

Kelebihan Topologi B :

  1. Tidak perlu tambahan ruang server, karena server sudah berada diruangan ujian masing-masing.
  2. Tidak perlu tambahan AC, AC jadi satu dengan ruang ujian
  3. Tidak perlu alat komunikasi, jika ada permintaan token siswa tinggal minta ke proktor, Untuk tampilan tokennya bisa menggunakan software CTD yang saya buat, iklan lagi..ha..ha..ha.. gak usah nulis di papan tulis atau ngomong, duduk manis ketik token tekan update token langsung tampil di layar LCD/Monitor.
  4. Proktor bisa melihat ekpresi siswa, jadi gak perlu CCTV
  5. karena yang di tarik panjang adalah kabel jaringan Internet maka kemungkinan failure kabel karena ditarik panjang tidak terlalu urgen, dan kabel jaringan lokal lebih pendek. lihat gambar (UNBK ujian semi online, lebih banyak menggunakan jaringan lokal)

Kelemahan Topologi B :

  1. Memerlukan proktor dan teknisi yang banyak, 1 proktor 1 ruang, jika teknisinya hanya satu, ruangannya jauh teknisi bisa kelelahan jalan2. Bukannya lelah memperbaiki komputer tapi lelah jalan kakinya.
  2. Jika ada kerusakan teknis misalkan server rusak, teknisi bisa klimpungan dan lama memperbaikinya, bayangkan jika ketiga sever bermasalah bisa nangis darah tuh teknisi. Perlu di ketahui teknisi di sekolah yang betul-betul mumpuni biasanya cuma satu. satu ruang satu teknisi kayaknya sulit terealisasi kecuali sekolah mau mencari tambahan teknisi dan dana tak jadi masalah nah ini lain ceritanya, lakone wis bedo ha..ha..ha.. kayak kethoprak :-)
  3. Boros kabel jaringan dan semakin rumit intalasinya, coba untuk komputer cadangan instalasinya rumitkan, lihat gambar. servernya apalagi lebih rumit karena harus menarik kabekl lokal dan internet ke server, jika ada kabel bermasalah bisa puyeng :-). ditambah ruangannya jauh waduh kabelnya berlu berapa meter tuh..
  4. Proktor tidak bebas, tidak bisa makan dan minum se enaknya, masak di ruang ujian minum.padahal ini yang pokok :-).kalau anda proktor super kuat silahkan mentelengi komputer dari pagi sampai sore. Ingat manusia memiliki kemampuan yang terbatas, TOPOLOGI B memiliki resiko yang lebih tinggi dari pada TOPOLOGI A, imbasnya nanti ke panitia ujian UNBK, menjadi super lelah padahal 1 minggu lhoooo....
  5. Jika ada permasalahan teknis dan tidak bisa teratasi di ruangan yang sama dengan ruang ujian bisa membuat siswa panik dan tidak bisa konsen melihat proktor dan teknisi kringetan segedhe jagung dan mau nangis ha..ha..ha...jadi proktor dan teknisi harus tetap cold, tenang seperti malaikat. Hayo siapa yang bisa kayak gitu hebat...kalau ada yg kuat saya di kasih tips dan triknya untuk saya tulis di web saya :-)
  6. Suhu di ruangan lebih lama dinginnya karena di dalam ruangan tersebut banyak komputer yang hidup alhasil ACnya juga harus diperbanyak juga too..

Kesimpulan

  • Kelebihan topologi B Adalah kebalikan dari kelemahan topologi A, dan sebaliknya.
  • Topologi B kelebihannya lebih condong ke hal yang tidak berhubungan langsung dengan UNBK di satu sisi bisa membebani sekolah itu sendiri
  • Sebaiknya sekolah diberi opsi bebas baik menggunakan A atau opsi yang B asalkan topologi standar dari pusat tidak dilanggar.
  • Topologi A dan B semuanya tidak sempurna, yang memiliki kesempurnaan hanya sang pencipta.

Keterangan :

  • Untuk gambar perkabelan topologi bisa saja berbeda dengan yang saya gambarkan
  • Ini hanya pendapat saya pribadi, bisa saja pendapat saya ini salah.Saya disini hanya menawarkan software CTD aja :-), Gratisss....

 Silahkan download file CTD (CBT Token Distribution)  beserta petunjuk penggunaannya di bawah ini :

download3

 

Informasi Pemilik Blog
joko Supriyanto
Author: joko SupriyantoWebsite: https://s.id/jokovlogEmail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Assalamualaikum wr. wb salam satu Server
Blog ini hanya untuk menceritakan kegiatan sehari-hari. Saat ini masih aktif menjadi akademisi. Youtube Channel : https://s.id/jokovlog Donasi: https://saweria.co/jokovlog

baner LDPPlayer

 

Artikel acak lainnya

Nih.. Artikel Yang banyak dibaca

Membaca Hardisk PS3 format NTFS menggunakan Multiman

Membaca Hardisk PS3 format NTFS menggunakan Multiman

Published: April 21, 2018 Category: Ceritaku Hits: 28255
Tahukan anda sebenarnya PS 3 jailbreak yang di instal CFW versi Cobra bisa membaca file NTFS tanpa harus menginstal Aplikasi Tambahan, Kalau kita menggunakan format FAT32 batas maksimum filenya 4GB tidak bisa membaca file diatas itu, yang jadi...
Score Board, software gratis pembuat score Cerdas cermat CCA dan lain-lain

Score Board, software gratis pembuat score Cerdas cermat CCA dan lain-lain

Published: January 16, 2015 Category: Karyaku Hits: 13052
Software ini berguna untuk menampilkan score lomba CCA, Cerdas cermat atau lainnya. Di buat menggunakan software Visual Basic 6. Software ini dibuat saat di MAN Sabdodadi Bantul mengadakan lomba CCA se kabupaten Bantul tingkat SMP/MTs. Dikarenakan...
Memperbaiki MP3 Player yang tidak berbunyi, Cara cerdas Negara China membuang sampah Elektronik.

Memperbaiki MP3 Player yang tidak berbunyi, Cara cerdas Negara China membuang sampah Elektronik.

Published: September 07, 2015 Category: Ceritaku Hits: 11919
Pasti tidak asing lagi to dengan mp3 player, MP3 Player yang saya maksud ini adalah mp3 player bentuk botol cocacola, pepsi atau bentuk botol jenis lainnya, perlu saya sampaikan disini permasalahan bisa sama tapi penanganan bisa berbeda. Harga mp3...
cara mengatasi Acer E3 111 di Instal windows 8.1 Enterprise Mouse dan keyboard tidak berfungsi

cara mengatasi Acer E3 111 di Instal windows 8.1 Enterprise Mouse dan keyboard tidak berfungsi

Published: January 16, 2015 Category: Ceritaku Hits: 8921
Jam menunjukan pukul 5 Sore, pekerjaan memperbaiki laptop semakin menggung saja, sempet di bawa laptop acer E-111 ini ditempat kerja, rencananya mau disambi...eeee...ternyata gak bisa nyambi, akhirnya rencana pas pulang mampir di warung sate kuda...
Permasalahan penggunaan ExamCaraka dan cara mengatasinya

Permasalahan penggunaan ExamCaraka dan cara mengatasinya

Published: December 18, 2017 Category: Ceritaku Hits: 8053
  Ayo sinau bareng yuk rekkk.....Halo rekan teknisi dan proktor diseluruh Indonesia, kali ini saya akan membahas permaslahan Examcaraka dan bagaimana cara mengatasinya. Bisa jadi tulisan ini salah, jadi maklummi saja kalau salah, tapi kalau benar...
Go to top
/*====== Adsense Google ======*/