Pendidikan 1.0, Pendidikan 2.0, Pendidikan 3.0, Pendidikan 4.0 sekarang di posisi mana?

Semua proses perubahan saat ini memiliki identitas 4.0. Ada industri 4.0, revolusi 4.0, web 4.0, motivasi 4.0 bahkan pendidikan. Karakteristik dunia Timur sangat berbeda dengan dunia Barat. Secara historis, dunia Barat menekankan pada rasionalitas, sedangkan dunia Timur mendidik dan belajar melalui kehebatan guru. Gaya yang berbeda ini juga memunculkan budaya dan tatanan sosial yang berbeda. Dalam dunia pendidikan khususnya dunia Timur terjadi integrasi dan adaptasi dengan model dunia Barat. Apapun bentuk adaptasinya, kita harus berusaha untuk tidak sepenuhnya menghilangkan tradisi dunia Timur. Penyesuaian memang harus dilakukan, namun identitas individu yang menjadi landasan budaya kita tidak boleh hilang.
Ilmuwan Barat mengelompokkan perkembangan pendidikan antara pendidikan 1.0 dan pendidikan 3.0, mengacu pada perkembangan Internet dan Web. Kelompok ini lebih fokus pada pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Anda berada di pihak yang mana? Mungkin kita sedang melakukan pendidikan 1.0, berbicara tentang pendidikan 2.0 dan hanya merencanakan pendidikan 3.0. Atau kita mencampur berbagai hal untuk menemukan pendidikan terbaik.
Ciri cirinya sebagai berikut :
Pendidikan 1.0
- Guru Sebagai Sumber pengetahuan
- Belajar di gedung.
- Teacher centered learning.
- Murid pasif.
- Belajar dari buku teks.
- Murid duduk rapi mendengarkan guru.
- Aktivitasnya satu arah, yakni dari guru ke murid.
- Gurunya adalah sarjana pendidikan.
- Teknologi hanya menjadi pengetahuan/pelajaran saja.
- Pandangan orangtua terhadap sekolah: penitipan anak.
- Tujuan belajar didominasi untuk menjawab soal tes.
- Mencetak pekerja.
Pendidikan 2.0
- Guru masih sebagai sumber pengetahuan, ditambah sebagai pemandu/fasilitator.
- Belajar di gedung dan online.
- Semi student centered learning.
- Murid mulai aktif dalam proses belajar.
- Belajar dari buku teks dan sumber lain dari internet.
- Murid bergerak oleh metode mengajar yang menarik.
- Aktivitasnya Interaktif antara guru-murid, murid-murid (masih dalam instruksi guru).
- Gurunya adalah sarjana pendidikan dan ahli di bidangnya.
- Teknologi digunakan sebagai penunjang belajar dan sumber belajar.
- Pandangan orangtua terhadap sekolah: penitipan anak.
- Tujuan belajar untuk menjawab soal tes dan memberikan pengalaman belajar secara sosial.
- Mencetak pekerja pengetahuan.
Pendidikan 3.0
- Guru sebagai pemandu untuk penggunaan sumber-sumber pengetahuan.
- Belajar dimana saja.
- Murid mulai menentukan sendiri apa yang ingin diketahui, dibagi, dan diputuskan.
- Murid aktif dan terlibat dalam mencipta pengetahuan
- Belajar kontekstualisasi dan inovasi
- Murid belajar digerakkkan oleh dirinya sendiri. Digerakkan oleh kreativitas, problem solving, pengembangan minat, dan inovasi
- Aktivitas belajarnya; menganalisis, mencipta, berbagi di media sosial, dan berperan aktif membentuk pengetahuan.
- Gurunya siapa saja dan dimana saja
- Teknologi menjadi alat utama
- Pandangan orangtua terhadap sekolah: tempat belajar
- Tujuan belajar untuk memberikan pengalaman secara sosial dan mencipta sesuatu yang baru
- Mencetak entrepreneurship
Pendidikan 4.0
- Pembelajaran yang diarahkan oleh siswa sendiri (self directed learning)
- Pembelajaran dengan multisumber belajar (multi sources).
- Pembelajaran sepanjang hayat (life long learning)
- Pembelajaran berbasis TIK (ICT bases learning)
- Pembelajaran yang adaptif (adaptive learning)
- Pembelajaran yang dapat membangun cara pandang (growth mindset)
- Penggunaan kecerdasan buatan(AI) misal dosen atau guru diganti dengan video yang dibuat AI atau digantikan AI yang bersumber dari data di Internet
- Menggunakan VR(Virtual Reality)/AR(Augmented Reality)
- Menggunakan machine learning
Jika anda mau merasakan kombinasi pendidikan 3.0 (80%) dan 4.0(20%) bisa mengikuti kursus gratis ataupun berbayar secara daring di https://moocs.sibermu.ac.id sedangkan untuk merasakan full pendidikan 4.0 bisa mengikuti perkuliahan di Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu) informasi bisa di baca di https://sibermu.ac.id/admisi
sumber
- http://sejutaguru.com/
- https://ombudsman.go.id/pengumuman/r/artikel--pendidikan-era-revolusi-industri-40-di-tengah-covid-19
- https://www.pnp.ac.id/
- https://www.umn.ac.id/
- https://edukasi.kompas.com/

