Info

 

Al-Quran merupakan sebuah kitab suci agama Islam. Tidak seperti kitab-kitab yang lain, kitab suci agama islam ini berisi perintah Allah dan larangan-Nya tapi juga berisi Informasi di bidang teknologi, Sains, Kedokteran, Fisika, Kimia dan lain-lain. Dan yang menjadi cirikhas Al-Quran adalah sampai 1400 Tahun isi dari kitab ini tidak berubah sedikitpun karena tidak diubah kebahasa lain selain Bahasa Arab.
Saya akan bahas tentang bumi itu datar atau bulat menurut versi Al-Quran. Perlu di ingat juga kitab ini memiliki arti yang sangat luas tanpa batas dan bahkan bisa ditafsirkan yang beda-beda pula. Oleh sebab itu kitab ini tidak akan lapuk dimakan zaman, pasti akan terus mengikuti walaupun zaman ini sudah super canggih sekalipun. Sampai-sampai saat ini manusia satupun belum bisa memaknai ayat seperti alif lam mim, qof, nun dan seterusnya. Jadi ayat tersebut menunggu diartikan atau bahkan sampai akhir zaman tidak ada satupun manusia bisa mengartikannya.

Informasi ini berasal dari berbagai sumber yang berbeda di Internet dan membaca berbagai tafsir yang berbeda-beda, serta mengambil ayat Al-quran yang sering di perbincangkan mengenai bumi itu datar atau bulat. Ayat yang di sebutkan memiliki arti menghamparkan, seperti karpet dll ayat tersebut adalah :

Toko Youtube TikTok  DONASI

Al Baqaroh 

[2:22] Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan BAGIMU dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.

Al Hijr

[15:19] Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.

Qaaf

[50:7] Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata,

An-Naba'

[78:6] Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan ?,

 

[88:20] Dan bumi bagaimana ia dihamparkan?

Secara kontekstual memang bunyi ayat tersebut mengatakan bahwa bumi itu menghamparkan, tapi apakah sesederhana itu memahamkan Al-Quran yang agung cukup secara kontekstual saja? Kalau demikian Kitab ini difahami secara kontekstual saja maka pasti hilanglah kehebatan & keagungan Al-Quran ini.Dalam hal ini, pemahaman kontekstual jelas memerlukan daya nalar yang lebih tinggi dibandingkan sekedar pemahaman tekstual saja. 

Timbul pertanyaan kemudian, benarkah Al-Qur’an bertentangan dengan ilmu science modern ? Jawabnya tegas, tidak mungkin ada pertentangan antara ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan ilmu science. Jika pun terjadi pertentangan maka itu terjadi karena dua hal saja. Pertama; ilmu sciencenya yang tidak atau belum mampu mendefinisikan secara tepat, atau kedua; ayat Al-Qur’annya yang difahamkan secara keliru, melenceng, alias tidak tepat!

Dengan demikian, pantaslah kiranya jika Allah dalam Al-Qur’an dan Nabi dalam banyak hadis beliau, memuji dan menyatakan bahwa orang yang berilmu pengetahuan, yang memakai akal dan nalar, memiliki derajat yang tinggi jauh berbeda dengan orang awam.

Pembahasan

pemaknaan hamparan/ham·par·an/n sesuatu yang dihamparkan (tikar, permadani, dan sebagainya); menurut kamus desar bahasa indonesi http://kbbi.web.id/hampar

Pada surat Al Hijr, Qaaf, An-Naba' artinya secara umum Allah menghamparkan bumi. Kalau di pahami betul-betul disitu tidak dikatakan bagian yang dihamparkan adalah bagian bumi tertentu, tetapi yang terhampar adalah bumi secara mutlak. Sehingga dengan demikian, jika kita berada di suatu tempat di bagian manapun dari pada bumi itu (selatan, barat, utara, dan timur), maka kita akan melihat bahwa bumi itu datar saja, "SEOLAH-OLAH TERHAMPAR di hadapan kita". Kemudian jika kita berjalan dan terus berjalan dengan mengikuti satu arah yang tetap, maka bumi itu akan terus menerus kita dapati terhampar di hadapan kita sampai suatu saat kita kembali ke tempat semula saat awal berjalan. Hal ini telah jelas membuktikan bahwa justru bumi itu bulat adanya. Sebaliknya, jika saja bumi itu berbentuk kubus misalnya, maka pasti hamparan itu suatu saat akan terpotong, dan kita akan menuruni suatu bagian yang menjurang, menurun, TIDAK LAGI TERHAMPAR…..!

Selanjutnya, jika bumi itu adalah sebuah hamparan seperti karpet atau tikar, maka jika ada orang yang melakukan perjalanan lurus satu arah secara terus menerus, maka orang itu pada akhir perjalanannya akan sampai pada ujung bumi yang terpotong, dan tidak akan pernah kembali ke tempatnya semula, di mana dia memulai perjalanannya yang pertama dulu. Penelitian dan pengalaman manusia telah membuktikan bahwa perjalanan yang dilakukan secara terus menerus ke satu arah tertentu tidak pernah menemukan ujung dunia yang terpotong, melainkan terus menerus yang ditemukan hanyalah hamparan demi hamparan di tanah yang dilalui, untuk kemudian perjalanan itu berakhir pada tempat semula saat perjalanan pertama dimulai. Hal ini tidak mungkin dapat terjadi jika saja bumi itu tidak bulat keberadaannya

Penjelasan yang lebih gamblang adalah pada surat Al-Baqarah ayat 22, ayat inilah sebagai kunci utama dari semua ayat dan uniknya urutannya diletakan paling awal, supaya yang membaca itu berfikir : “ Dia (Allah) yang telah menjadikan bumi itu firasy (hamparan, kapet) BAGIMU (lihat artinya diatas saya perbesar) ……” Perhatikan kata-kata “bagimu”. Al-Qur’an dalam hal ini, tidak sekedar mengatakan bahwa bumi itu hamparan umpama karpet saja, kemudian berhenti pada kalimat itu, tapi ada kata tambahan lain yaitu “bagimu”. Artinya, bagi kita manusia yang tinggal di atas permukaan bumi ini, bumi terasa datar. Walaupun, bumi itu pada kenyataannya adalah tidak datar. Hanya TERASA DATAR bagi kita manusia. Terasa datar bukan berarti benar-benar datar, bukan….? Itulah mengapa manusia dituntut untuk mengembangkan teknologi supaya bisa melihat bentuk asli bumi.

Tulisan ini sebagai bantahan dari facebook : https://www.facebook.com/Kebenaran.Islam.Sejati/posts/372291626189005 yang berjudul : "KESALAHAN AL QURAN, KEBENARAN ALKITAB BUMI DATAR ATAU BULAT? (membantah klaim Zakir Naik)"

Bumi seperti bulat telur ayatnya (QS.An – Naazi’aat:30). adalah

Arti versi 1 : “ Dan bumi sesudah itu dijadikan oleh-nya berbentuk bulat telur.” versi Zakir naik

Arti versi 2 : [79:30] Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya. menurut  http://www.dudung.net/quran-online/indonesia/79 dan http://www.quranexplorer.com/quran/ dan https://quran.com/79 dan http://al-quran.info/#79 menurut kementerian agama Indonesia

Kata Arab untuk telur disini adalah Dahaha artinya telur burung unta ( kata arab dahaha oleh para penerjemah  , diterjemahkan “ menghamparkan” , terjemahan ini juga betul ).

 Video Zakir naik penjelasan  QS.An – Naazi’aat:30) menit ke 02:08

 

Kesimpulan dari surat QS.An – Naazi’aat:30)  ini masih ada pertentangan para ulama akan arti dari Dahaha  itu sendiri ada yang mengartikan telur burung unta, ada yang mengartikan menghamparkan, ini sebagai bukti bagi kita bahwa Penafsiran orang akan arti Al-Quran itu berbeda-beda, dan juga sebgai bukti bahwa isi Al-Quran akan terus mengikuti zaman padahal sampai saat ini isi kitab ini tidak ada satupun yang direvisi . salah satu kehebanan Al-Quran Sains dan teknologi akan mengikuti Al-Quran dan bukan sebaliknya.

Allah menantang manusia untuk terus mengembangkan teknologi roket berkecepatan tinggi,untuk menembus angkasa Tujuannya supaya manusia selalu bersyukur atas nikmat yang sudah diberikannya. dan untuk membuktikan bumi itu bulat atau datar- 55. AR RAHMAAN :

[55:33] Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.

[55:34] Maka ni'mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

[55:35] Kepada kamu, (jin dan manusia) dilepaskan nyala api dan cairan tembaga maka kamu tidak dapat menyelamatkan diri (dari padanya).

Urutan ayat tersebut sangat cantik sekali, AR RAHMAAN[55:33] menantang manusia untuk membuat teknologi canggih, tapi harus dengan kekuatan, yang dimaksud disini kekuatannya adalah Ilmu pengetahuan, kecertasan, teknologi, pendanaan dll. kemudian AR RAHMAAN [55:34] kalau berhasil, jangan kamu sombong dan jangan mendustakan kenikmatan yang sudah diberikan Allah. AR RAHMAAN [55:35] nyala api dan cairan manusia tidak bisa melepaskan diri, arep kemaki manusia kuwi

Tulisan ini sebagian dari pendapat pribadi, sebagian diambil dari Internet dengan sumber yang terpercaya, tapi para pembaca bisa menyimpulkan sendiri. Tapi menurut pemahaman saya dan berdasarkan buklti Al-Quran dan sains bahwa Bumi ini bulat bukan datar. 

Informasi Pemilik Blog
joko Supriyanto
Author: joko SupriyantoWebsite: https://s.id/jokovlogEmail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Assalamualaikum wr. wb salam satu Server
Blog ini hanya untuk menceritakan kegiatan sehari-hari. Saat ini masih aktif menjadi akademisi. Youtube Channel : https://s.id/jokovlog Donasi: https://saweria.co/jokovlog

baner LDPPlayer

 

Artikel acak lainnya

Nih.. Artikel Yang banyak dibaca

Membaca Hardisk PS3 format NTFS menggunakan Multiman

Membaca Hardisk PS3 format NTFS menggunakan Multiman

Published: April 21, 2018 Category: Ceritaku Hits: 28276
Tahukan anda sebenarnya PS 3 jailbreak yang di instal CFW versi Cobra bisa membaca file NTFS tanpa harus menginstal Aplikasi Tambahan, Kalau kita menggunakan format FAT32 batas maksimum filenya 4GB tidak bisa membaca file diatas itu, yang jadi...
Score Board, software gratis pembuat score Cerdas cermat CCA dan lain-lain

Score Board, software gratis pembuat score Cerdas cermat CCA dan lain-lain

Published: January 16, 2015 Category: Karyaku Hits: 13067
Software ini berguna untuk menampilkan score lomba CCA, Cerdas cermat atau lainnya. Di buat menggunakan software Visual Basic 6. Software ini dibuat saat di MAN Sabdodadi Bantul mengadakan lomba CCA se kabupaten Bantul tingkat SMP/MTs. Dikarenakan...
Memperbaiki MP3 Player yang tidak berbunyi, Cara cerdas Negara China membuang sampah Elektronik.

Memperbaiki MP3 Player yang tidak berbunyi, Cara cerdas Negara China membuang sampah Elektronik.

Published: September 07, 2015 Category: Ceritaku Hits: 11935
Pasti tidak asing lagi to dengan mp3 player, MP3 Player yang saya maksud ini adalah mp3 player bentuk botol cocacola, pepsi atau bentuk botol jenis lainnya, perlu saya sampaikan disini permasalahan bisa sama tapi penanganan bisa berbeda. Harga mp3...
cara mengatasi Acer E3 111 di Instal windows 8.1 Enterprise Mouse dan keyboard tidak berfungsi

cara mengatasi Acer E3 111 di Instal windows 8.1 Enterprise Mouse dan keyboard tidak berfungsi

Published: January 16, 2015 Category: Ceritaku Hits: 8938
Jam menunjukan pukul 5 Sore, pekerjaan memperbaiki laptop semakin menggung saja, sempet di bawa laptop acer E-111 ini ditempat kerja, rencananya mau disambi...eeee...ternyata gak bisa nyambi, akhirnya rencana pas pulang mampir di warung sate kuda...
Permasalahan penggunaan ExamCaraka dan cara mengatasinya

Permasalahan penggunaan ExamCaraka dan cara mengatasinya

Published: December 18, 2017 Category: Ceritaku Hits: 8071
  Ayo sinau bareng yuk rekkk.....Halo rekan teknisi dan proktor diseluruh Indonesia, kali ini saya akan membahas permaslahan Examcaraka dan bagaimana cara mengatasinya. Bisa jadi tulisan ini salah, jadi maklummi saja kalau salah, tapi kalau benar...
Go to top
/*====== Adsense Google ======*/